Cara mengaktifkan opsi pengembang di Android dan membuka fitur baru yang keren!

Ingin tahu cara mengaktifkan opsi pengembang di ponsel Android Anda? Mencari tip dan trik opsi pengembang? Nah, Anda telah datang ke tempat yang tepat! Dalam artikel ini, efyei mencoba untuk mengungkap opsi pengembang untuk Anda dan memberi tahu Anda mengapa dan bagaimana menggunakan fitur keren ini di Android.

Apa yang dimaksud dengan pengaturan opsi Pengembang?

Pengaturan ‘Opsi pengembang’ adalah menu tersembunyi di smartphone Android. Ini dimaksudkan untuk digunakan oleh pengembang Android yang berkecimpung dalam bisnis pengembangan dan pengujian aplikasi Android.

Berbagai opsi dalam opsi Pengembang memungkinkan pengembang memeriksa fungsionalitas aplikasi mereka dan seberapa baik kerjanya pada perangkat Android yang sebenarnya (bukan lingkungan simulasi yang disediakan oleh emulator). Tujuan akhir dari menu opsi Pengembang adalah untuk membantu pengembang mengonfigurasi perilaku telepon untuk membantu mereka membuat profil kinerja aplikasi yang sedang dikembangkan dan untuk memastikannya bebas dari bug utama sebelum rilis final.

Karena menu opsi Pengembang memberikan akses ke beberapa opsi lanjutan yang berpotensi memengaruhi stabilitas dan kelancaran fungsi telepon, opsi tersebut disembunyikan dari rata-rata pengguna ponsel cerdas.

Kami menyarankan Anda untuk tidak mengaktifkan bagian opsi pengembang yang tidak sepenuhnya Anda pahami. Tak satu pun dari mereka yang ireversibel tetapi efeknya bisa negatif dalam jangka pendek. Jika Anda membiarkan pengaturan diaktifkan dan melupakannya, perangkat Anda mungkin bertindak dengan cara yang menghabiskan banyak masa pakai baterai atau data. Hati-hati.

Namun, ada beberapa contoh di mana beberapa opsi dalam opsi Pengembang dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dan menawarkan kontrol yang lebih besar kepada pengguna rata-rata atas beberapa aspek telepon. Mari kita lihat apa itu. Namun sebelum itu, kita perlu mengetahui cara mengaktifkan fitur Developer options.

Cara mengaktifkan opsi Pengembang

Langkah pertama menuju surga opsi Pengembang adalah mengaktifkannya. Bergantung pada kulit Android/versi Android ponsel Anda, langkah-langkah untuk melakukan ini mungkin (sedikit) berubah. Tercantum di bawah ini adalah langkah-langkah pada beberapa versi dan skin Android yang lebih populer.

Cara mengaktifkan opsi Pengembang di stok Android

Langkah-langkah untuk Stock Android berlaku untuk perangkat dari Google (seri Pixel), Motorola, Nokia, dan Sony.

  1. Buka  aplikasi Pengaturan.
  2. Ketuk opsi  Tentang telepon.
  3. Ketuk opsi Build number tujuh kali berturut-turut dengan cepat.
  4. Anda akan menerima pesan yang mengatakan ” Anda sekarang adalah seorang pengembang!“.
  5. Sekarang, kembali ke menu Pengaturan lagi.
  6. Gulir ke bawah dan ketuk Sistem.
  7. Anda akan melihat opsi Pengembang.

Jika Anda berubah pikiran dan ingin menonaktifkan opsi pengembang, buka saja di pengaturan dan Anda akan melihat tombol on/off sederhana di sudut kanan atas.

Penawaran afiliasi

Cara mengaktifkan opsi Pengembang di perangkat Samsung

  1. Di ponsel cerdas Samsung Anda, buka Pengaturan.
  2. Gulir ke Tentang ponsel atau Tentang perangkat.
  3. Ketuk untuk membuka  Informasi perangkat lunak.
  4. Ketuk opsi Build number tujuh kali berturut-turut dengan cepat.
  5. Anda mungkin diminta memasukkan PIN atau kata sandi untuk menyelesaikan proses ini.
  6. Setelah opsi diaktifkan, buka Pengaturan  dan periksa apakah Anda mengaktifkan opsi Pengembang dengan menggulir ke bagian paling bawah halaman.

Cara mengaktifkan opsi Pengembang di perangkat OnePlus

  1. Di perangkat OnePlus Anda, buka Pengaturan.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk Tentang ponsel.
  3. Ketuk opsi Build number tujuh kali berturut-turut dengan cepat.
  4. Anda akan melihat pesan yang mengatakan ‘Anda sekarang adalah seorang pengembang!’
  5. Kembali ke menu Pengaturan dan ketuk Sistem.
  6. Anda akan melihat menu opsi Pengembang di sini.

Cara mengaktifkan opsi Pengembang di perangkat MIUI (Xiaomi/ Poco)

  • Di ponsel Anda yang menjalankan MIUI, buka Pengaturan.
  • Ketuk Tentang telepon (Biasanya opsi pertama dalam menu pengaturan).
  • Ketuk opsi yang disebut versi MIUI tujuh kali berturut-turut hingga Anda melihat pesan ‘Anda sekarang adalah pengembang.
  • Kembali ke Pengaturan.
  • Gulir ke bawah ke Setelan tambahan.
  • Gulir ke bawah ke Opsi pengembang.

Jika merek ponsel cerdas Anda tidak tercantum di sini, perhatikan bahwa metode untuk mengaktifkan opsi pengembang tidak terlalu berbeda dari langkah-langkah yang disebutkan di atas.

Sekarang mari kita lihat hal-hal yang dapat Anda lakukan setelah mengaktifkan mode pengembang di ponsel cerdas Anda.

 

Jadikan ponsel Android Anda lebih cepat dengan opsi ini

Mari kita, di awal, memperjelas bahwa mengaktifkan opsi Pengembang tidak disarankan untuk semua orang. Meskipun membuat perubahan pada sebagian besar pengaturan dalam opsi Pengembang tidak akan membuat ponsel Anda tidak dapat digunakan, bagi banyak dari Anda, peningkatan pengalaman pengguna yang diperoleh dari mengutak-atik opsi mungkin tidak tampak terlalu signifikan untuk menjamin masalah yang Anda alami untuk mengaktifkannya.

Opsi di bawah ini dapat meningkatkan kinerja dan fluiditas dalam penggunaan sehari-hari:

Tingkatkan kinerja ponsel dengan membatasi aplikasi latar belakang

Pengaturan batas proses Latar Belakang  memungkinkan Anda memilih jumlah aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang. Batasnya dibatasi pada empat aplikasi, tetapi Anda dapat memilih untuk tidak menjalankan aplikasi latar belakang sama sekali jika diinginkan.

Dengan nol proses latar belakang, semua aplikasi Anda akan dihentikan setelah digunakan, yang berarti apa pun yang Anda lakukan saat ini akan menerima perhatian penuh dan sumber daya Android. Namun, ini berarti beralih aplikasi akan lebih lambat. Jadi, manfaatkan opsi ini jika Anda tidak terlalu suka multi-tasking.

Paksa MSAA 4x (untuk grafis game yang lebih baik)

Mengaktifkan Force 4x MSAA meningkatkan kualitas grafis dalam game dan aplikasi OpenGL ES 2.0. Ini membutuhkan lebih banyak daya pemrosesan dan menghabiskan baterai lebih cepat, tetapi jika Anda setuju dengan itu, sapalah dengan grafik yang lebih halus dan tidak terlalu bergerigi. Opsi ini dapat digunakan pada perangkat yang menggunakan SoC kelas bawah.

Atur kecepatan animasi sistem

Oke, trik ini sebenarnya tidak mempercepat perangkat Anda, tetapi ini adalah cara yang bagus untuk mengelabui otak Anda agar berpikir bahwa perangkat Anda menjadi lebih cepat.

Nonaktifkan semua animasi perangkat agar tidak ada efek transisi saat melakukan tugas tertentu (seperti menggeser antar layar beranda). Hasilnya adalah perangkat yang terasa lebih cepat dan halus. Cobalah.

Tweak kecepatan transisi untuk membuat ponsel Anda terasa lebih cepat / © NextPit

Menampilkan kecepatan bingkai (FPS) secara real-time

Jika Anda merasa game tidak berjalan pada pengaturan yang dioptimalkan, Anda dapat mengaktifkan opsi Show refresh rate untuk menampilkan frame rate grafis saat ini di smartphone. Opsi ini melapisi penghitung kecepatan refresh di atas layar, menunjukkan FPS saat ini dalam game, mirip dengan alat PC seperti Fraps atau RivaTuner.

Jika penghitung kecepatan refresh sering turun di bawah 60 FPS dalam game, mungkin bijaksana untuk mempertimbangkan untuk menjatuhkan pengaturan kualitas untuk menikmati gameplay yang mulus.

Jaga agar data seluler selalu aktif (untuk internet yang lebih cepat, semacamnya)

Ini tidak mempercepat data seluler Anda, tetapi mempercepat seberapa cepat data seluler diadopsi setelah sinyal Wi-Fi terputus. Pengaturan ini bisa sedikit berbahaya jika Anda tidak memiliki banyak data seluler karena itu berarti perangkat Anda akan lebih cepat mengaksesnya. Pikirkan dua kali sebelum mengaktifkannya.

Misalnya, sinyal Wi-Fi Anda mungkin turun sesaat – seperti yang cenderung terjadi pada sinyal Wi-Fi – dan ponsel Anda akan segera beralih ke data seluler, meskipun sinyal Wi-Fi kembali dengan cepat.

Jika Anda tidak pernah melewati batas data seluler Anda, aktifkan pengaturan ini dan setiap kali Anda meninggalkan rumah atau kantor, Anda akan melihat perangkat Anda beralih ke data seluler lebih cepat setelah Anda berada di luar jangkauan Wi-Fi.

Periksa layanan yang berjalan

Opsi Running services sangat mirip dengan Task Manager pada PC Windows. Ini memungkinkan Anda untuk melihat proses apa yang sedang berjalan di ponsel cerdas Anda, berapa banyak RAM yang digunakan, dan aplikasi apa yang menggunakannya. Aplikasi yang terdaftar diurutkan berdasarkan penggunaan memorinya.

Saat Anda mengetuk aplikasi, Anda juga dapat melihat proses dan layanan tertentu yang digunakannya. Ini memungkinkan Anda untuk mematikan aplikasi yang membutuhkan RAM, yang tidak Anda gunakan secara aktif (jangan lakukan ini dengan aplikasi sistem). Namun, kami tidak menyarankan untuk menghentikan satu proses aplikasi tanpa menghentikan aplikasi itu sendiri, karena dapat menyebabkan kerusakan dan masalah fungsionalitas.

Apa lagi yang dapat Anda aktifkan di opsi Pengembang di Android?

Jika Anda ingin melihat apa lagi yang dapat Anda lakukan di ponsel cerdas Anda dengan opsi Pengembang diaktifkan, berikut adalah daftarnya.

Nyalakan USB Debugging

Mungkin opsi yang paling umum digunakan dalam opsi Pengembang adalah fitur debugging USB. Meskipun awalnya ditujukan bagi pengembang untuk “men-debug” aplikasi mereka, mengaktifkan opsi ini adalah persyaratan dasar yang diperlukan untuk mengaktifkan akses root dan membuka jalan bagi penginstalan ROM kustom. Mengaktifkan USB Debugging juga dapat membantu proses pemulihan data saat layar ponsel cerdas Anda tidak berfungsi.

Tetap terjaga (sehingga layar Anda tetap menyala saat mengisi daya)

Saya tidak melihat banyak contoh opsi ini yang sangat berguna. Tetapi jika Anda ingin tampilan Anda tetap aktif saat perangkat Anda sedang diisi, ada opsi yang disebut Tetap terjaga  dalam opsi Pengembang. Ini, tentu saja, berarti masa pakai baterai Anda tidak terancam dan jika tampilan membutuhkan perhatian Anda yang sering, itu bisa sangat berguna. Setelah opsi ini diaktifkan, Anda harus menggunakan tombol daya fisik untuk mengunci ponsel saat mengisi daya.

Lokasi tiruan

Bosan dengan video YouTube yang tidak tersedia di wilayah Anda? Ada beberapa aplikasi di Google Play yang memungkinkan Anda memalsukan lokasi Anda. Pilih aplikasi pilihan Anda, lalu buka opsi pengembang dan temukan opsi Pilih aplikasi lokasi tiruan.

Saat diketuk itu akan menampilkan aplikasi spoof lokasi yang baru saja Anda instal. Pilih dan kemudian buka aplikasi untuk memilih di mana Anda ingin ‘diangkut’. Yang tersisa untuk dilakukan adalah menikmati media Anda tanpa penguncian wilayah. Perhatikan bahwa fitur ini mungkin tidak berfungsi di semua ponsel dan aplikasi pada tahun 2021.

Ubah konfigurasi USB default

Jika Anda selalu mencolokkan ponsel Anda untuk mentransfer file atau menggunakan tethering USB dan mendapati diri Anda menunggu notifikasi muncul untuk mengubah fungsi, ada cara lain untuk membuat proses ini sedikit lebih mudah. Dengan mengubah konfigurasi USB default di Opsi Pengembang, Anda dapat membuat ponsel cerdas Android Anda secara otomatis mengaktifkan opsi yang paling sering Anda gunakan.

Pop down ke Default USB configuration dan ketuk, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Dari sana Anda memiliki beberapa opsi. Opsi default stok, seperti yang saya miliki di sini, adalah No transfer data. Ini berarti bahwa dengan mencolokkan telepon Anda melalui USB, yang akan Anda lakukan hanyalah mengisi dayanya. Selain penambatan USB dan transfer File, Anda dapat memilih MIDI (Musical Instrument Digital Interface) atau PTP (Picture Transfer Protocol) sebagai opsi default baru Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *