PC baru? Pelajari Cara Mentransfer File dari PC ke PC

Tidak ada yang lebih menarik daripada mendapatkan komputer baru yang kuat yang memungkinkan Anda menyelesaikan tugas, menjalankan aplikasi baru, dan bermain game dengan kecepatan luar biasa. Namun, tidak ada yang lebih menakutkan daripada menyadari bahwa Anda harus memindahkan semua musik, gambar, dokumen, dan file lainnya dari komputer lama ke komputer baru.

Untungnya, Anda tidak perlu mengemis dan menyuap teman Anda untuk membantu di hari yang mengharukan ini. Ada berbagai cara untuk berbagi file dengan mudah dan aman dan bahkan memindahkan program dari komputer lama Anda ke komputer baru sambil menjaga keamanan data Anda.

Pendekatan DIY: Mentransfer File Secara Manual
Jika Anda adalah orang yang suka bekerja, salah satu cara paling sederhana untuk memuat komputer baru Anda dengan semua file Anda adalah dengan memindahkannya secara manual. Ada banyak cara melakukan ini.

Sebagai permulaan, colokkan komputer lama Anda ke flash drive USB atau hard drive eksternal, yang biasanya berharga mulai dari $30 hingga beberapa ratus dolar tergantung pada jumlah penyimpanan, kecepatan, dan fungsionalitas yang Anda butuhkan. Cukup salin file Anda ke drive eksternal, keluarkan perangkat penyimpanan, colokkan perangkat penyimpanan ke komputer baru, dan kemudian balikkan proses untuk memuat file ke dalamnya. Tip: Beberapa komputer memiliki port eSATA yang dirancang khusus untuk hard drive eksternal dan memindahkan data lebih cepat daripada port USB.

Jika tidak ingin membeli hard drive eksternal, Anda juga dapat memindahkan dan menyimpan file ke awan menggunakan layanan penyimpanan berbasis Internet seperti Microsoft OneDrive* , Google Drive* , atau Dropbox* . Sekali lagi, cukup jatuhkan dan seret file Anda dari komputer lama ke layanan cloud, lalu seret dan lepas file ke komputer baru Anda. Layanan ini sering kali gratis untuk sejumlah kecil penyimpanan, dan kemudian membebankan biaya langganan bulanan saat kebutuhan penyimpanan Anda meningkat.

Mempercepat Segalanya: Gunakan Kabel Transfer
Jika Anda merasa menggunakan penyimpanan cloud menjadi hambatan waktu, atau jika Anda ingin menghindari langganan bulanan ke layanan cloud, opsi alternatif adalah memindahkan file Anda dengan kabel transfer. Kabel dicolokkan ke port di komputer baru dan komputer lama Anda. Biasanya, kabel dilengkapi dengan perangkat lunak yang mengotomatiskan transfer file saat memutakhirkan dari komputer Windows* 10, 8.1, 8, 7, Vista, atau XP yang lebih lama ke komputer yang lebih baru. Kabel transfer bekerja lebih cepat daripada hard drive eksternal, karena komputer lama terhubung langsung ke komputer baru sambil menghilangkan perantara (drive eksternal).

Baca juga di biggu.com untuk mendapatkan informasi tentang teknologi yang sesuai dengan keinginan anda

”Sebelum Anda mulai mentransfer semuanya, pikirkan apakah Anda benar-benar membutuhkan semuanya. Menyiapkan mesin baru menandai saat yang ideal untuk membuang file lama dengan mengarsipkannya, sehingga membersihkan file dan struktur folder Anda.”

Sewa Penggerak (PC): Gunakan Perangkat Lunak
Serbaguna Versi Windows sebelumnya menyediakan layanan yang disebut Easy Transfer* yang memungkinkan pengguna memindahkan file antar komputer dengan mudah. Sayangnya, itu dihapus dengan Windows* 10. Namun, jangan takut: Microsoft bermitra dengan vendor Laplink PC Mover* untuk menduplikasi fungsionalitas yang ditawarkan oleh Easy Transfer. PCMover Express* vendor mentransfer data dan pengaturan dari komputer yang menjalankan Windows* XP ke komputer yang menjalankan Windows* 8.1 atau yang lebih baru. Biaya layanan sekitar $15. PC Mover Professional lebih mahal, tetapi juga memungkinkan Anda memindahkan aplikasi. Jika Anda memiliki masalah, kedua layanan menawarkan bantuan 24/7.

Pendekatan ini memerlukan biaya, tetapi mengotomatiskan proses dan dapat memandu Anda untuk memastikan Anda tidak mengabaikan file yang mungkin ditempatkan di tempat asing di komputer lama Anda.

Sistem Operasi Bermacam-macam: Mentransfer File dari Mac ke PC atau PC ke Mac
Anda dapat mentransfer file secara manual antara Mac dan PC dengan cara yang sama seperti Anda memindahkannya antara PC dengan drive eksternal, layanan cloud, atau jaringan rumah. Atau Anda dapat membiarkan komputer itu sendiri melakukan pekerjaan asisten pribadi yang bertugas memindahkan dan berbagi file: Mac OS X Lion dan sistem operasi yang lebih baru menyediakan alat bagus yang disebut Migration Assistant yang mentransfer kontak, kalender, akun email, dan lainnya dari PC dan meletakkan file-file ini di tempat yang sesuai di Mac baru Anda.

Sapu Bersih: Jauhkan Data Lama Anda dari Tangan yang Salah
Setelah Anda memindahkan file, Anda harus menyimpan komputer lama Anda setidaknya selama beberapa minggu jika Anda mengabaikan file apa pun. Namun, jika Anda menjual, membuang, atau memberikan komputer lama Anda, pastikan semua data dan informasi pribadi Anda dihapus. Hanya mentransfer file tidak melakukan itu. Bahkan menghapus file atau memformat ulang disk masih dapat memungkinkan para ahli untuk mengambil informasi yang Anda tidak ingin mereka miliki, seperti informasi bank atau email lama Anda. Untungnya, program pemusnah data gratis, seperti Darik’s Boot And Nuke (DBAN), dapat menghapus semua yang ada di komputer lama Anda, memastikan Anda tidak meninggalkan jejak (data).

Tetap Terlindungi: Cadangkan Barang Baru
Sekarang setelah Anda terbiasa memindahkan file dari PC lama Anda, inilah saat yang tepat untuk memastikan Anda memiliki sistem pencadangan yang berkelanjutan jika Anda harus memulihkan file-file itu lagi. Windows* 8 dan di atasnya menyediakan fitur praktis yang disebut Riwayat File yang memungkinkan Anda mencadangkan file secara otomatis dan rutin ke hard drive eksternal. Fitur ini memastikan data Anda tidak akan menjadi riwayat jika yang terburuk terjadi.

Jika Anda memiliki Mac, Anda memiliki berbagai pilihan dan platform untuk mencadangkan data Anda, dari iCloud hingga program seperti Time Machine, tergantung pada versi OS X yang Anda jalankan.

Ingat: Meskipun ada banyak cara mudah untuk memindahkan dan berbagi data, Anda hanya dapat memindahkan data yang dapat Anda akses, jadi pastikan dokumen, foto, dan data berharga lainnya tetap terlindungi meskipun komputer Anda hilang atau rusak. Ini mudah dilakukan secara otomatis, dan memastikan hari pemindahan (komputer) Anda berikutnya akan berjalan lebih lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *