Cara Memainkan Kunci Gitar

Artikel ini berisi lima tips tingkat pemula yang akan membantu Anda sukses dalam belajar memainkan kunci gitar. Ikuti tips ini, berlatih setiap hari, dan Anda akan segera memainkan akord dan lagu dan memenuhi tujuan musik Anda.

Sebelum kamu memulai

Sebelum Anda dapat belajar memainkan akord gitar, pelajari cara membaca diagram akord. Diagram akord adalah chord tela gambar yang menunjukkan cara meletakkan jari-jari Anda di fretboard gitar untuk memainkan akor.

1. Mulai Dengan The Cowboy Chords

Pertama, pelajari apa yang disebut akord koboi, juga disebut akord CAGED. Ini adalah akord C, A, G, E, dan D. Ketika Anda mempelajari lima akord yang mudah ini, Anda akan mengetahui semua yang Anda butuhkan untuk memainkan banyak lagu dalam kunci G, A, dan D, dan beberapa lagu dalam kunci C dan E.

2. Pelajari Akord Dengan Kunci

Dalam kunci musik apa pun, akord yang paling umum adalah akord mayor yang diberi nama untuk nada pertama, keempat, dan kelima dalam tangga nada untuk kunci itu. Terkadang akord ini dikenal sebagai akord satu, empat, dan lima untuk kuncinya.

Contoh: Dalam kunci C, tangga nadanya adalah C, D, E, F, G, A, B, dan C. Kunci satu, empat, dan lima adalah C Major, F Major, dan G Major . Jika Anda mempelajari akord tersebut, Anda akan dapat memainkan banyak lagu dengan kunci C.

Tabel berikut mencantumkan akord satu, empat, dan lima dalam kunci C, A, G, E, dan D.

1 4 5

C FG

SEBUAH DE

G CD

E AB

D GA

Untuk memainkan lagu dalam kunci C, latih akord C, F, dan G bersama-sama. Untuk memainkan lagu dalam kunci A, latih akord A, D, dan E bersama-sama, dan seterusnya.

3. Berlatih Mengubah Akord Di Setiap Kunci

Alih-alih berlatih akord individu sendiri, berlatihlah mengubah antara akord dalam kunci.

Contoh: Jika Anda memainkan kunci A, Anda tidak hanya harus berlatih memainkan akord A, D, dan E, tetapi juga berlatih mengubah dari A ke D dan kembali, A ke E dan kembali, dan D ke E dan kembali. .

Ini akan membuat Anda siap memainkan lagu lebih cepat daripada jika Anda hanya berlatih akordnya sendiri.

4. Gunakan Jari Jangkar Saat Mengubah Akor

Terkadang, Anda akan menemukan bahwa Anda dapat meninggalkan satu jari di tempat yang sama saat Anda berpindah dari satu akor ke akor lainnya. Memperhatikan hal ini, dan mempraktikkannya, dapat mempermudah mengubah akord.

Contoh: Jika Anda memainkan akord A menggunakan jari telunjuk Anda pada fret kedua dari senar ketiga (dan jari kedua dan ketiga Anda pada fret kedua dari senar keempat dan kedua), Anda dapat membiarkan jari telunjuk Anda di sana saat mengubah ke D akord.

Jika Anda tidak dapat menemukan jari yang berada di tempat yang sama, terkadang ada jari yang hanya perlu bergerak dalam jarak yang dekat. Tetap di kunci A, tetapi berubah dari akord A ke akord E, jari telunjuk bergerak dari fret kedua senar ketiga ke fret pertama senar ketiga.

5. Tambahkan Akor Minor dan Akor Ketujuh Selanjutnya Untuk Variasi Nada

Jika Anda telah menguasai akord CAGED, ditambah F dan B7 (catatan: pada kunci E, gunakan B7 sebagai akor lima daripada B – lebih mudah dan terdengar bagus), kemudian pelajari beberapa akord ke-7 dan beberapa akord minor. Ini akan memungkinkan Anda memperkenalkan suara dan suasana hati yang berbeda ke dalam permainan Anda, dan akan memungkinkan Anda memainkan lebih banyak lagu. Mulailah dengan mempelajari akord ke-7 untuk setiap akord CAGED (yaitu C7, A7, G7, E7, dan D7), dan gantilah akord ke-7 untuk kelima akord tersebut pada kunci apa pun yang Anda mainkan. Kemudian pelajari E minor, A minor, dan D minor.

Jika Anda mengikuti tips ini, dan berlatih setiap hari, Anda akan berhasil mempelajari cara memainkan akord gitar dan mencapai tujuan musik Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *