Panduan Membuat Perizinan Usaha Untuk Bisnis

Panduan Membuat Perizinan Usaha Untuk Bisnis
Persiapan dokumen, beberapa syarat administrasi, isikan formulir, mengantri…
Sepertinya ribet banget ya sebabkan SIUP untuk izin usaha? Tapi ini harus untuk setup company, gimana dong?
Ini keliru satu yang seringkali buat malas. Tapi sesungguhnya tidak sesusah itu kok!
Kan sayang Anda telah ada masalah untuk mendapatkan ide bisnis, jalankan riset pasar. Tapi terhadap sementara pelaksanaan malah tersedia kendala dengan izin usahanya.
Di artikel ini, Anda bakal mendapatkan langkah-langkah gampang terasa berasal dari awal supaya Anda tahu harus ngapain dan kemana untuk sebabkan Perizinan Usaha.
– SIUP –
Apa sih SIUP itu? Konsultan Perizinan
SIUP singkatan berasal dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Yang mengeluarkan surat izin ini adalah Kementerian Perdagangan (Kemendag). Jadi, setiap badan koperasi, persekutuan, perusahaan maupun perusahaan perseorangan – harus punyai SIUP cocok dengan area berdirinya bisnis berikut di lokasi Republik Indonesia. (Tenang. Nanti bakal dijelaskan lebih lanjut di bagian lain dalam artikel ini).
Emang penting ya sebabkan perizinan bisnis dan jalankan pendaftaran merek?
Setup company sesungguhnya tidak cuma mendirikan sebuah bisnis lantas dijalankan. Perlu tersedia surat ijin resmi berasal dari pemerintah supaya kedepannya, sementara kami mengurus pajak dan lain-lain menjadi lebih mudah. Aspek hukum yang kuat bakal memudahkan Anda untuk menggerakkan aktifitas bisnis. Ibaratnya, punyai SIUP adalah stepping stone supaya tersedia legalitas berasal dari bisnis Anda. Jadi, semisal terjadi penggusuran, atau konflik tanah, Anda punyai landasan hukum yang kuat.
Jangan hingga diakui perusahaan illegal.
Sebagai wirausaha, memenuhi kewajiban ini tidak cuma hanyalah untuk information negara tetapi juga berfaedah untuk diri sendiri. Memang mengurus administrasi pendaftaran brand tidak sanggup instan. Tapi cocok kata pepatah, “Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.” Lebih baik repot di depan supaya kasus perizinan ini beres.
“Nanti lah, tunggu perkembangan bisnisnya gimana ke depan…”
Banyak para entrepreneur yang membayangkan urusan perizinan bisnis belakangan karena malas padahal terkecuali nanti tersedia petugas dinas yang tiba-tiba singgah dan menanyakan legalitas bisnis Anda, Anda sendiri yang bakal repot karena diakui perusahaan illegal.
Memiliki SIUP berarti mendapat pengakuan berasal dari pemerintah – sekecil apapun UKM yang Anda kembangkan. Apalagi pemerintah melalui Kemendag telah memberi tambahan kemudahan dengan mengeluarkan aturan baru yang memperlihatkan bahwa SIUP tidak harus diperpanjang.
Sebelum membahas cara-cara sebabkan perizinan usaha, Anda harus tahu terkecuali SIUP itu dibagi menjadi 4 type berdasarkan skalany,yaitu:
1. SIUP Mikro
Skalah mikro adalah skalah bisnis yang terkecil dan diberikan untuk perusahaan yang modal dan kekayaan netto-nya tidak lebih berasal dari 50 juta.
2. SIUP Kecil
Bagi Anda yang punyai modal dan kekayaan netto 50 juta hingga 500 juta, berarti perizinan usahanya masuk di type pertama.
3. SIUP Menengah
Surat izin bisnis tingkat menengah harus bagi perusahaan yang punyai modal dan kekayaan netto 500 juta hingga 10 M.
4. SIUP Besar
Perizinan bisnis skalah besar adalah untuk perusahaan yang modal kekayaan netto-nya lebih berasal dari 10 M. Bagi entrepreneur ekspor impor, keberadaan surat izin bisnis terlampau menolong sistem pengiriman barang berasal dari dan ke luar negeri.
Perlu diingat bahwa jumlah modal dan kekayaan netto ini tidak juga tanah dan bangunan area usaha, ya!
Siapa yang TIDAK perlu SIUP?
Info penting untuk Anda. SIUP dikhususkan bagi perusahaan yang berbadan hukum atau persekutuan. Jadi perusahaan kecil perorangan tidak harus sebabkan perizinan usaha. Begitu juga dengan pembukaan kantor cabang perusahaan yang telah menggunakan surat izin bisnis berasal dari kantor pusatnya.
Termasuk juga pedagang kaki lima atau pedagang asongan. Jadi terkecuali sesungguhnya bisnis Anda juga keliru satu di atas, berarti Anda tidak harus sebabkan perizinan usaha.
Persyaratan pembuatan SIUP :
Ambil Formulir SIUP di Kantor Dinas Perdagangan
Ajukan Permohonan ke Kantor Dinas Perdagangan
Membayar Biaya Permohonan SIUP
Pengambilan SIUP
Untuk prosedur pembuatan SIUP kebanyakan ditunaikan di kantor Dinas Perindustrian serta Perdagangan area tingkat II atau barangkali satu tingkat dengan kabupaten/kota setempat.
Cara sebabkan SIUP sanggup ditunaikan sendiri atau dengan menghendaki orang lain sebagai kuasa dengan catatan, tersedia pengakuan resmi terkecuali sesungguhnya diwakilkan, ya! Mendaftarnya di Kantor Dinas Perindustrian serta Perdagangan di area Anda masing-masing,yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Ambil Formulir SIUP di Kantor Dinas Perdagangan
Pertama-tama, Anda harus mengambil alih form pendaftaran SIUP. Mengisinya dan membubuhi materai serta tanda tangan. Kemudian jangan lupa untuk memfotokopi formulir berikut sebanyak dua rangkap.
Biasanya aku tetap memfotokopi dokumen lebih banyak berasal dari yang diminta supaya berjaga-jaga. Mungkin Anda juga sanggup menerapkan perihal mirip untuk form SIUP ini.
2. Ajukan Permohonan ke Kantor Dinas Perdagangan
Saat mengajukan formulir permohonan sebabkan perizinan usaha, pastikan kelengkapan dokumen berikut ini sebelum saat menyerahkan ke petugas.
3. Membayar Biaya Permohonan SIUP
Siapkan juga biaya pembuatan SIUP karena di tiap-tiap area punyai tariff yang berbeda. Ada baiknya menanyakan dahulu kepada petugas.
4. Pengambilan SIUP
Lama sistem sebabkan perizinan bisnis sanggup memakan sementara hingga dua minggu dan kebanyakan pihak petugas bakal menghubungi Anda terkecuali surat izin telah sanggup diambil di kantor. Bergantung berasal dari bentuk badan bisnis yang dimiliki, aku telah membagi beberapa syarat berdasarkan jenisnya.
Jadi formulir pendaftaran SIUP yang Anda isikan dan tanda tangani, harus disertai dengan dokumen-dokumen lain cocok bentuk badan usahanya,yaitu :
1. Perseroan Terbatas (PT)
Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur Utama/Penanggung Jawab Perusahaan atau pemegang sahamnya
Fotokopi NPWP
Surat Keterangan Domisili atau SITU
Fotokopi Kartu Keluarga (KK) terkecuali penanggung jawabnya seorang perempuan
Fotokopi Akta Pendirian PT yang disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM.
Fotokopi Surat Keputusan Pengesahan Badan Hukum berasal dari Menteri Hukum dan HAM
Surat Izin Gangguan (HO)
Izin Prinsip
Pas foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 (2 lembar)
Materai Rp6.000
Izin tekhnis berasal dari lembaga berkenaan terkecuali diminta*
Neraca perusahaan
*Izin berkenaan ini sanggup beraneka macam bentuknya. Misal, bisnis Anda bakal membuahkan limbah, otomatis harus punyai surat izin AMDAL yang diterbitkan oleh Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *