Pabrik Aspal untuk Industri Konstruksi Jalan

Tujuan dari Pabrik Aspal adalah untuk mencampur agregat, aspal dan bahan tambahan lainnya dalam proporsi yang diperlukan Pengaspalan Jalan Bergaransi sesuai dengan formula campuran pekerjaan dan pada suhu tinggi untuk menghasilkan campuran paving campuran panas yang homogen. Aspal campuran panas ini digunakan untuk konstruksi jalan.

Pada dasarnya ada dua jenis (berdasarkan desain) Plant (1) Batch Mix Plant (tipe diskontinyu) dan (2) Drum Mix Plant. (tipe Kontinu)

Di Pabrik tipe Batch, pengeringan dan pemanasan agregat berlangsung dalam drum putar dan agregat yang dipanaskan ditimbang & disaring dalam wadah panas untuk diproporsikan sebelum dicampur dengan pengikat di mixer tipe pugmill terpisah untuk membuat satu batch.

Di Drum type Plant, pemanasan, pengeringan, dan pencampuran agregat dengan pengikat mengambil drum yang sama di mana dalam pengumpanan agregat & pengikat dan keluaran aspal campuran panas terus menerus. Jenis pabrik ini memberikan tingkat produksi yang lebih tinggi dan mudah & sederhana untuk dioperasikan. Mereka lebih murah dibandingkan dengan pabrik tipe batch.

Terlepas dari jenis Asphalt Mixing Plant, tujuan dasarnya sama untuk menghasilkan aspal hot mix berkualitas yang akan digunakan untuk konstruksi jalan.

Komponen dasar Asphalt Drum Mix Plants adalah Multiple Cold Aggregate Feeder Bins, Single Deck Scalping Screen, Slinger Conveyor, Rotary Drum, Burner, Load out Conveyor, Asphalt Tank, Mineral Filler Unit, Fuel Service Tank, Wet Scrubber dan Control Panel dengan Insulated Kabin Kontrol. Tanaman ini dapat dalam versi mobile (portabel) maupun stasioner untuk memenuhi pilihan pelanggan.

Di Asphalt Drum Mix Plant, agregat murni dengan ukuran berbeda disimpan di beberapa tempat pengumpan. Setiap nampan dilengkapi dengan gerbang yang dioperasikan secara manual dan konveyor sabuk yang digerakkan oleh motor berkecepatan variabel untuk mengatur proporsi agregat yang akan dibuang dari setiap nampan. Agregat dari semua bin diterima di sabuk pengumpul yang memindahkannya ke layar scalping dek tunggal untuk menghilangkan material yang terlalu besar. Agregat yang disaring kemudian dipindahkan ke drum putar dengan slinger conveyor. Pembakar minyak jet tekanan tinggi yang dipasang di sisi pengumpanan drum putar mengeringkan & memanaskan agregat di zona utama drum. Agregat yang dipanaskan kemudian bergerak ke zona sekunder (zona Pelapisan) di mana mereka dicampur dengan bahan pengikat yang telah ditentukan sebelumnya (aspal & aditif) untuk menghasilkan aspal campuran panas. Aspal campuran panas dipindahkan ke silo penyimpanan atau langsung ke tipper dengan load out conveyor yang dilengkapi dengan gob hopper. Semua operasi pabrik dikendalikan dari ruang kontrol oleh panel kontrol.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *